Browsing: Hiburan

Sekilas Absurdisme dalam Seni

Sekilas Absurdisme dalam Seni

Absurdisme merupakan sebuah aliran seni yang berdasarkan pada kepercayaan yang menyatakan usaha manusia untuk mencari arti kehidupan aka berakhir dengan kegagalan. Dalam pencarian tersebut manusia cenderung untuk melakukan berbagai usaha yang absurd.

Paham absurdisme berhubungan dengan eksistensialisme dan nihilism yang diawali oleh filsuf Denmark abad ke-19, bernama Soren Kierkegaard. Filsafat ini terkenal dan mencapai popularitasnya ketika dikemas oleh Albert Camus.

Secara terperinci Camus mengungkapkan bahwa aburdisme merupakan cabang filsafat yang lahir di masa kegelapan, yakni antara masa Perang Dunia I dan II. Di tengah-tengah kekacauan perasaan manusia menjadi hampa dan merasa tidak memperoleh apapun meski sudah berusaha keras.

Sekilas Absurdisme dalam Seni

Bila disederhanakan absurditas merupakan sebuah paham yang berdasarkan pada cara menjalani kehidupan yang irasional dan tanpa makna. Camus sukses mencuri perhatian massa dengan konsep tersebut, ia mengungkapkan absurditas melalui cerita-cerita pendeknya.

Kemudian, teknik penceritaan absurditas ini digunakan oleh pengarang-pengarang Eropa. Paham ini semakin terkenal ketika Camus meraih Novel Sastra tahun 1957. Kepopulerannya tak terbantahkan lagi sampai semakin terkukuhkan dan Camus menjadi pengembang filsafat absurditas yang terkenal, di samping juga terkenal sebagai salah satu sastrawan terkemuka di dunia.

Sastrawan barat yang mengekor teknik absurditas Albert Camus antara lain Samuel Becket, teknik ini tertuang dalam naskah dramanya Waiting for Godot. Ada juga Harold Pinter dengan novelnya yang berjudul Holiday Party.

Sebab Absurditas Membudaya di Dalam Seni dan Literature

Perkembangan absurditas di dalam dunia seni dan literature, khususnya sastra dan beberapa dalam karya lukis dan kriya di dunia Barat hingga sampai ke Indonesia dilatarbelakangi oleh satu kesamaan yakni ketidakselarasan hidup antara hasrat manusia yang berulang kali diteriakkan dengan dunia nyata yang menjadi tempatnya hidup.

Ketidakselarasan yang berulang kali diterapkan dalam hati itu menimbulkan penderitaan yang berulang. Dari kondisi seperti itulah, paham absurditas mengungkap bahwa seharusnya manusia memahami bahwa kesadaranlah yang menjadi inti dari menjalani kehidupan yang seringkali berbenturan antara idealis dengan kenyataan sampai menimbulkan masalah-masalah tertentu.

Pada paham absurditas, disebutkan manusia adalah sebuah eksistensi yang memiliki kuasa penuh atas kehidupannya, ketika merasakan kesia-siaan, manusia bisa berhenti menjalaninya, namun banyak yang menjadikan kesia-siaan hidup ini menjadi patokan dalam menelaah konflik antara hasrat ideal dengan realitas.

Akhirnya hasrat tidak sepenuhnya tunduk pada realita yang mengharuskan manusia untuk beritndak sesuai dengan arus yang terintegrasi satu sama lain berdasarkan rutinitas. Dalam absurditas terungkap hubungan antra manusia dengan dunia tidak jelas dikarenakan manusia memiliki keinginan yang tidka sejalan dengan realitas.

Orang-orang menginginkan kepastian, namun dunia sedang tidak memberikan kepastian pada setiap orang. Tepat saat manusia menginginkan kepastian tapi dunia tidak memberikan kepastian itu maka absurditas terjadi.

 

{ Add a Comment }

Sejarah Singkat Musik Jazz

Jazz kadang-kadang disebut sebagai “musik klasik Amerika“. Ini telah menjadi genre yang beragam dengan akarnya dalam musik asli Amerika dan Afrika; khususnya, blues, spiritual. Jazz pertama menjadi bentuk musik yang terdefinisi di awal 1920 yang bermunculan dari kota-kota AS di New Orleans dan kemudian Chicago. Awal Jazz ditandai oleh irama tradisional dan melodi yang diambil dan diimprovisasi, memberikan kombinasi ayunan dan sinkopasi. Artis-artis awal dari musik jazz termasuk Jelly Roll Morton, Fats Domino, Bix Beiderbecke dan Louis Armstrong. Selera yang bagus dari periode ini dapat diperoleh dengan mendengarkan rekaman Louis Armstrong Hot Fives dan ensemble Hot Seven.

Sejarah singkat musik jazz

Pada 1930 Jazz telah menyebar dari Amerika Selatan dan menjadi lebih mainstream menarik musisi berkulit putih juga. Salah satu perkembangan Jazz adalah band-band besar seperti Ben Goodman dan Glen Miller. Glen Millers menjadi sangat sukses dan populer, tetapi menawarkan sedikit ruang bagi penggemar jazz untuk improvisas. Namun band-band besar lainnya seperti Duke Ellington dan Count Basie menyediakan beberapa rekaman Jazz yang hebat sepanjang masa.

Sementara Big Band memimpin jazz ke arah yang lebih konvensional. Akhir 1930-an dan 1940-an juga musik jazz berkembang ke arah lain melalui penciptaan “Be Bop” baru menggila. Be Bop dilambangkan oleh para musisi hebat seperti Charlie “Bird” Parker, Dizzy Gillespie, dan Sonny Rollins. Para musisi ini membawa Jazz ke tingkatan baru, melonggarkan kepatuhan terhadap struktur harmoni yang kaku.

Tidak seperti bentuk musik jazz sebelumnya, Be bop tidak dirancang untuk menari tetapi lebih terlihat sebagai kesempatan untuk menampilkan keahlian musik dari para pemain. Beberapa rekaman bop hebat muncul ketika para pemain saling bermain, masing-masing berjuang untuk keunggulan dan improvisasi yang lebih baik. Salah satu rekaman terbesar pada periode ini adalah “Jazz at Masey Hall” 1953 yang menampilkan Dizzy Gillespie dan Charlie Parker di antara yang lainnya, ini adalah contoh musik jazz yang sangat bagus. Pada tahun 1960-an Be bop berevolusi menjadi bentuk “jazz bebas” dengan sedikit jika ada kepatuhan pada harmoni konvensional dan struktur chord. Salah satu rekaman jazz terlaris yang menandai bentuk baru ini adalah “A Kind of Blue” oleh Miles Davis.

Sayangnya banyak dari para musisi musik jazz besar yang memiliki kehidupan tragis karena tak terhindarkan dari penyalahgunaan narkoba dan alkohol. Sayangnya banyak pemain muda datang untuk mengasosiasikan narkoba dengan menjadi pemain jazz yang sukses sehingga jazz mengembangkan reputasi yang kuat untuk asosiasi dengan narkotika.

Untuk memainkan musik Jazz dengan sukses, latar belakang dengan musik klasik jelas merupakan suatu keuntungan. Untuk menjadi pemain jazz yang sukses, Anda harus dapat mempelajari akord dan skala dari lagu tersebut. Dengan struktur dasar ini Anda dapat berimprovisasi di sekitar akord ini untuk memberikan efek improvisasi atau jazz. Namun untuk menjadi seorang musisi jazz yang hebat lebih dibutuhkan daripada pelatihan formal, improvisasi yang sukses adalah keterampilan yang sulit yang hanya dimiliki oleh beberapa orang langka.

{ Add a Comment }

Cara Mengunduh lagu Dari Internet

Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mendengar tentang upaya RIAA untuk menghancurkan pembajakan musik secara online. Sharing lagu-lagu yang dilindungi hak cipta melalui format MP3 disebarkan secara ilegal melalui Internet mengakitbatkan kerugian miliaran dolar dari industri musik. Ini secara konvensional dilakukan dengan menggunakan program file sharing ilegal seperti KaZaa dan iMesh. Artikel ini mengeksplorasi cara legal untuk mengunduh dan menikmati musik dari Internet.

Metode 1: Periksa Situs Musik Gratis

Ada banyak situs web musik gratis yang menyediakan unduhan musik gratis. Ini bukan situs web dari bajak laut musik Anda – mereka benar-benar legal. Jangan berharap menemukan album lengkap untuk diunduh, terutama jika lagu tersebut berasal dari artis terkenal (hanya situs perompak musik yang memungkinkan unduhan album lengkap). Anda hanya akan menemukan beberapa “teaser” yang dimaksudkan untuk membuat Anda ingin membeli CD artis. Artis yang independen dan kurang terkenal adalah pengecualian – banyak dari mereka akan mengecewakan Anda dalam katalog lagu lengkap mereka untuk mempromosikan diri.

Berikut beberapa situs web musik gratis yang saya rekomendasikan:

AMPCAST.com
Amazon.com Unduhan Musik Digital
RollingStone.com
ElectronicScene.com
Arsip Musik Bawah Tanah Internet
Metode 2: Beli Musik Online

Cara yang semakin populer untuk menemukan dan mengunduh musik online adalah untuk mendapatkan layanan musik daring yang legal. Yang paling populer adalah layanan Apple iTune. Saat ini ia menyediakan lebih dari 400.000 lagu dari semua lima label besar. Setiap lagu tersedia dengan harga standar masing-masing 99 sen. Berikut adalah layanan musik online terbaik yang pernah saya jumpai:

EMusic.com
iTunes
Unduhan MusicMatch
Napster 2.0
Rapsodi
Weblisten.com
Kesimpulan

Sangatlah menggoda untuk menggunakan KaZaa dan program file sharing lainnya untuk mengunduh musik – tetapi tolong jangan. Jika Anda menulis lagu dan menjual CD, apakah Anda akan senang melihat jutaan orang mendistribusikan lagu itu secara gratis? Tidak. Anda tidak harus melanggar hukum untuk menemukan dan mengunduh musik MP3 gratis. Ada banyak situs web di luar sana yang menawarkan musik gratis – Anda hanya perlu menemukannya.

{ Add a Comment }