Voice Search

Hasil riset google menyebutkan bahwa 41 persen orang dewasa dan sisanya yang besarnya mencapai 55 persen adalah remaja menggunakan fitur voice search ketika akan mencari sesuatu via internet. Dengan melihat data tersebut, artinya para pengguna interner tidak hanya menggunakan teks saja untuk mendapatkan sesuatu di google.

Banyak yang mengetikkan kata kunci di mesin pencari google untuk mendapatkan suatu informasi, namun ternyata dewasa ini, fungsi fitur voice search juga digunakan oleh pengguna internet. Popularitas itu semakin meningkat sejak fitur voice search dalam bahasa Indonesia diperkenalkan Google pada tahun 2015.

Google mengungkapkan bahwa pertumbuhan pengguna undercovercoid  fitur voice search meningkat secara signifikan sejak fitur tersebut diluncurkan dan menembus angka lima persen lebih tinggi dari pengguna lainnya di seluruh dunia. Itu artinya, voice search engine di google sangat potensial untuk bisnis ukm .

Voice Search

Voice Search memberikan interaksi dengan mesin yang lebih natural

Rasa nyaman menggunakan voice search karena ada jaminan interaksi yang lebih natural antara user dengan mesin. User yang mulai menggunakan voice search kemudian semakin terbiasa untuk menginput kata kunci dengan suaranya karean tidak memerlukan input secara fisik.

Search memberikan interaksi dengan mesin yang lebih natural, lewat perintah yang seperti percakapan biasa. Di samping itu Voice search juga membuat proses pencarian lebih cepat.

Bagi para pengguna yang sudah lama praktik dengan search voice mungkin sudah merasakan bahwa dalam satu menit, Anda bisa bicara dengan 150 kata lebih cepat daripada mengetikkan 40 kata dengan keyboard handphone. Dengan demikina, fitur ini memudahkan akses user ke internet, bahkan saat sedang mengemudi.

Dari pemaparan tersebut, fungsi voice search tentunya mampu mempengaruhi digital marketing untuk berinteraksi antara user dengan produk yang dipasarkan oleh produsen. User pemasar produk hanya perlu membuat konten dengan kata kunci spesifik yang memungkinkan semua orang akan menggunakannya.

Tips memanfaatkan voice search secara maksimal untuk digital marketing

Tips utama dan pertama ialah membuat konten dengan susunan kata yang natural, seperti kebiasaan orang-orang dalam percakapan. Dengan keyword yang sesuai dengan bahasa percakapan, mesin pencari akan mudah menemukan konten tersebut dan menampilkannya untuk user.

Manfaatkan long-tail keyword yang berupa kata kunci yang berisi hingga empat kata. long tail keyword juga membentuk frase yang spesifik tentang topik yang lebih khusus.

Kata kunci spesifik itu biasanya berupa kata-kata yang akan digunakan oleh pengguna saat mereka saat sedang belanja, dalma kondisi darurat, dan lain sebagainya.